Sejarah Hipnoterapi Modern Di Indonesia

hipnoterHipnoterapi atau terapi hypnosis adalah suatu metode terapi yang diberikan pada pikiran bawah sadar manusia melalui metode yang dinamakan hypnosis. Terapi hypnosis sebenarnya sudah ada sejak adanya peradaban manusia kemudian diteliti kembali oleh seorang dokter (Franz A Mesmer) di swiss pada tahun 1800-an.

Walaupun di luar indonesia hipnoterapi sudah berkembang sejak 1800-an namun, hipnoterapi “modern” baru masuk di Indonesia sekitar tahun 2000. Sebelumnya, hipnoterapi di Indonesia hanya memanfaatkan kekuatan sugesti dari hipnoterapis -red: terapis hypnosis- yang diberikan kepada klien. Dan kemudian para pakar menyebutkan bahwa metode hipnoterapi “klasik” ini hanyalah metode spekulasi belaka. Mengapa? Karena tidak setiap orang dapat menerima sugesti dengan baik dan lebih khususnya perubahan yang diciptakan hanya bersifat sementara. Mungkin sampai saat ini masih ada praktisi hipnoterapis yang menggunakan metode hipnoterapi “klasik” ini.

Seiring perkembangan ilmu pengetahuan di dunia hipnosis setelah melalui beberapa proses, akhirnya pada sekitar tahun 1900-an hipnoterapi mengalami perkembangan yang begitu pesat dan membangkitkan kembali hipnoterapi yang telah lama tertidur kemudian terbangun dengan kombinasi teknik psikoterapi dan inilah awal lahirnya hipnoterapi “Modern”. Metode ini dikembangkan oleh seorang psikoterapi legendaris yang bernama Milton H. Erickson (1901-1980).

Di Indonesia metode hipnoterapi modern mulai dikenal sekitar tahun 2000-an.  Dan Organisasi Hipnoterapi Pertama Indonesia pada saat itu adalah Indonesian Board of Hypnotherapy yang di dirikan oleh bapak Yan Nurindra (www.ibhcenter.org).

Dengan kombinasi antara hipnoterapi dan teknik psikoterapi, hipnoterapi dapat menjadi sangat efektif untuk membantu masalah yang berkaitan dengan mental dan kejiwaan.  Tentunya tidak luput dari syarat-syarat sebelum di hipnoterapi yaitu :

  • Kesadaran dan kemauan sendiri. (Tidak dipaksakan orang lain)
  • Dapat diajak berkomunikasi sebagaimana berkomunikasi dengan orang normal.

Untuk mendapatkan pelayanan hipnoterapi silahkan kunjungi klinik dibawah ini :

Nugroho Hypnotherapy
Jl. Anggajaya II No. 11, Condongcatur, Yogyakarta.

Praktek :Senin – Sabtu (09.00-15.00)
Dengan Janji Lebih Dahulu dengan SMS ke : 085747447440
Denah :  >>> Klik Disini <<<<
Website : http://fresh-hypnotherapy.com

10 thoughts on “Sejarah Hipnoterapi Modern Di Indonesia

  1. anton says:

    Apakah hipnoterapi dapat membantu meningkatkan semangat belajar?

    • nugrohoep says:

      Hipnoterapi sangat dapat untuk membantu meningkatkan semangat belajar. Silahkan membuat janji dan datang ke klinik untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut

  2. dudi says:

    Apakah hipnotis dapat menghilangkan ingatan secara permanen?

    • nugrohoep says:

      Hipnotis tidak akan menghilangkan ingatan. Namun jika ada ingatan yg tidak diinginkan karena menimbulkan ketidak nyamanan. Maka yg paling tepat adalah mengurangi rasa tidak nyaman tersebut, sehingga masih tetap ingat tapi sudah biasa-biasa saja

  3. salimah says:

    Anak saya sma kelas 3, sudah 4 bulan ini mengalami gangguan tidur atau insomnia. Ini menghambat proses belajar di sekolah. Kami sudah mencoba ke psikiater dan diberikan obat, tapi kami rasa kurang maksimal, bisa tidur tapi cuma beberapa jam lalu bangun sekitar jam 3. Apakah hipnoterapi ini bisa membuat anak saya bisa tidur dg normal lagi? Di jogja sebelah mana ya, karena saya bukan orang jogja
    Terimakasih

    • nugrohoep says:

      Salam bahagia Bu Salimah, ibu memang orang tua yang perhatian terhadap anaknya. Tidak banyak orang yg memperhatikan anaknya seperti ibu.
      Baiklah, hipnoterapi dapat sangat membantu masalah yg sedang dihadapi oleh keluarga ibu. Dengan penanganan terapi dan setelah terapi yg tepat oleh hipnoterapis dan juga lingkungan anak tumbuh sangat memungkinkan masalah tersebut dapat terbantu.

  4. Riko says:

    Assalamualaikum, kami memiliki masalah dengan salah seorang saudara kami. Yang kami duga dia telah menyembunyikan sertifikat tanah dan dia tidak mengakuinya. Bisakah bapak membantu kami untuk menghipnotis dia agar bisa jujur?

    • nugrohoep says:

      Waalaikumsalam, kami banyak menerima permintaan serupa. Namun mohon maaf, kami tidak dapat membantu karena kami khusus untuk menangani terapi psikologis.

  5. Kerto says:

    Apakah terapi hipnotis ini menggunakan media-media seperti mantra atau ilmu yang lain ?

Leave a comment